Wednesday, April 15, 2009

Just Say, Thank You!

Akhirnya keinginan untuk kumpul2 ma teman2 lama terkabul. Itu pun tdk serta merta datang begitu saja. Butuh perjalanan panjang menemukan moment yg pas untuk mempertemukan sekumpulan cewek yg akhir2 ni pada sok sibuk dgn urusan masing2. Setelah melewati belasan planning, puluhan telpon dan sms plus beberapa messages di wall dan inbox, waktu pun mengijinkan kita berkumpul di salah satu tempat karaoke di Surabaya selatan (gk boleh nyebutin merek boz!).

Kita janjian ketemu di lokasi jam 7 malam. Aku berangkat jam 7 pas bareng temenku yg biasa aku panggil Yuk (paling tua diantara yg lain sih). Di tengah jalan, baru nyadar kalo bensin dah hampir empty jadi ya terpaksa mampir ke SPBU dulu. Setelah bensin diisi, eh sempet2nya si Yuk bilang “Makasi ya Pak” ma bapak bapak yg ngisi bensin pdhl kita lg buru2 banget. Perjalanan pun berlanjut. Pas nyampe parkiran Mall, si Yuk bilang “Makasi ya Mas” ma mas mas yg jaga parkir sambil nerima karcis. Aku si gk peduli. Dari parkiran kita langsung cabut ke lantai paling atas. Temen2 dah menunggu di Room 105. setelah tanya2 sebentar ma mbak mbak receptionist dmn Room 105 berada, lagi2 si Yuk bilang, “Makasi ya Mbak” ke mbaknya.

Akhirnya ketemu juga dmn temen2 yg lain pada ngendon sambil nyanyi2 gk karuan. Ada yg nekat naik ke sofa lagi. Dasar! Kelakuannya dri dulu gk berubah biarpun dah pada berumur. Saking asyiknya konser, kita sampe lupa gk pesen minuman. Suara udah serak2 becek. Ya udah kita nugasin si Yuk mesen minum. Tak sampai sepuluh menit, mbak mbak yg nganter minuman pun dateng. Tanpa ba bi bu lagi, kita pun berebutan menyambar botol2 yg baru ditaruh d meja. Lain dengan Yuk ku yg satu ini, bukannya ngambil minuman jatahnya, eh dia malah nyamperin si Mbak dan sekali lagi bilang, “Makasi ya Mbak minumnya”.

Heran deh, prasaan dari tadi si Yuk hobi banget bilang “makasi”. Sama penjaga SPBU, tukang parkir, receptionist sampe waitress. Itu kan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mereka untuk mengisikan bensin untuk kita, ngasi karcis parkir, melayani customer, dan nganterin pesenan. Trus ngapain lagi si Yuk harus bilang ‘makasi” ma mereka?

Pas pulang, aku pun nanya ke Yuk soal kebiasaannya itu dan jawabannya bener2 membuatku serasa ditempeleng. Mereka itu sebenarnya orang2 yg sangat berjasa kepada masyarakat biarpun itu sudah jd kewajiban mereka. Mereka lebih berharga dan lebih dibutuhkan ketimbang bos bos dan pejabat gk jelas yg suka jalan petentang petenteng dan kurang berkontribusi bagi masyarakat. Sudah selayaknya kita menghargai mereka yg seringkali dipandang sebelah mata. Toh, mengucapkan terima kasih juga gk akan merugikan kita kan? Mereka pasti senang mendengar ucapan terimakasih yg jarang terlontar dari mulut orang2 yg mereka temui. Seharusnya kita jgn cuma bilang terimakasih ma org2 tertentu aja.

Oke, mulai sekarang kita harus membudayakan ucapan terimakasih supaya lebih bisa menghargai dan dihargai orang lain. Mau kan?? Mulai dari dari yg kecil2 dulu deh. Ucapkan terimakasih ma mbak mbak kasir sewaktu belanja. Terimakasi ma SPG yg dah ngambilin sepatu kita. Terimakasih ma sopir angkot. Terimakasih ma satpam yg bukain pintu buat kita. Terimakasih buat ibu kita yg sudah membuatkan sarapan. Terimakasih buat adik yg mau kita suruh2 dgn alasan adik harus bantuin kakak. Terimakasih buat teman yg sudah nge-add ato confirm fesbuk kita. Dan terimakasih buat kalian yg sudah membaca tulisan ini :-)

No comments:

Post a Comment